Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Tampilan Blogger Lama


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial cara terbaru mengembalikan tampilan Blogger baru ke tampilan Blogger lama. Memang tampilan Blogger baru yang sekarang sangat bersih dan juga begitu mobile friendly, tapi bagi beberapa orang (termasuk saya) tampilan blogger baru tidak nyaman digunakan ketika mengedit template dan juga memposting artikel, karena tampilannya cukup membingungkan.

Contohnya pada saat saya sedang mengedit template di tampilan lama, saya dapat dengan mudah untuk berganti dari menu Theme ke menu lainnya. Sedangkan di tampilan baru malah full screen.

Contohnya pada saya sedang mengedit template di tampilan lama, saya dapat dengan mudah untuk berganti dari menu Theme ke menu lainnya.

Tampilan baru ini juga masih terdapat bug, seperti ketika saya save beberapa kode di template. Ketika sudah ter-save, tiba-tiba malah scroll otomati ke atas, kan saya jadi bingung. Kalau kode itu salah dan kita lupa kode yang mana, habis sudah. Seperti biasa, gak usah banyak basa-basi, langsung ke tutorialnya aja.

Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Tampilan Lama

Mungkin bagi di sebagian akun masih ada tombol "Revert to Legacy" atau "Kembali ke Tampilan Lama." Bagi yang tidak ada tombol seperti itu kalian bisa mengikuti tutorial yang akan saya bagikan. Walau punya kekurangan yaitu tidak permanen karena interface dari Dashboard Blogger sekarang sudah diperbarui. Maka dari itu, saat ini pilihan tersebut tidak lagi tersedia mulai dari bulan Juli kemarin. Info lebih lengkapnya bisa dilihat disini: https://blogger.googleblog.com/2020/05/a-better-blogger-experience-on-web.html dan juga nggak permanen karena alesan di atas.

Work! Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Tampilan Lama

Pertama, kalian bisa copy URL dibawah ini :

https://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=ID_BLOG_KAMU&useLegacyBlogger=true

Nah yang saya tandai warna merah itu kamu ubah dengan ID blog kamu, gimana cara nemuin BLOG ID nya? Kalian bisa lihat di URL blogger yang baru, sebagai contoh :

https://draft.blogger.com/blog/posts/2798615401944001241

Yang saya tandai berwarna merah diatas adalah ID blog kita. Setelah kita ubah URL di atas akan menjadi seperti ini :

https://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=2798615401944001241&useLegacyBlogger=true

Seperti itulah contoh setelah kita ubah.

Oh iya, kelemahan cara di atas yaitu setiap kita masuk ke blogger atau ganti blog. kita harus ikutin cara di atas lagi, soalnya blogger sudah netapin Interface baru jadi permanen.

Saran saya, kamu bisa bookmark URL Blogger yang sudah kamu ganti tadi, agar pada saat kamu ingin membuka Blogger kamu dapat dengan mudah menemukannya.

3 komentar untuk "Cara Terbaru Mengembalikan Tampilan Blogger Baru ke Tampilan Blogger Lama"